A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/smad6231/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/smad6231/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sumatif Tengah Semester (STS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap TP 2022-2023 SMAN 1 Tana Toraja Tahun 2023 | SMA NEGERI 1 TANA TORAJA

SMA NEGERI 1 TANA TORAJA

Jl. Tritura No. 65 A Makale, Tana Toraja 91811

Where Tomorrow's Leaders Come Together

Sumatif Tengah Semester (STS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap TP 2022-2023 SMAN 1 Tana Toraja Tahun 2023

Kamis, 09 Maret 2023 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 756 Kali

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara standar sekolah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu. Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). Penilaian Akhir Semester Genap (PAS) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester. Hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

STS dan PAT harus tetap menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan kenaikan kelas peserta didik. Pelaksanaan STS Semester Genap dan PAT Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 UPT SMAN 1 Tana Toraja untuk tahun 2023 masih dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan STS dan PAT Tahun Pelajaran 2022/2023 dilakukan secara online menggunakan platform Google Form dan Aplikasi CBT Online dengan alasan mudah digunakan dan tidak banyak memakan kuota internet peserta ujian.

STS dan PAT ini dilaksanakan pada tanggal 04 Maret s.d 11 Maret 2023. Setiap hari ada 2 sampai 3 mata pelajaran yang diujikan, dengan durasi 90 menit per mata pelajaran. STS dan PAT ini dimulai pukul 07.30 WITA dan selesai paling lambat pukul 13.15 WITA.

Berdasarkan keputusan rapat Kepala Sekolah dengan panitia, maka SMA Negeri 1 Tana Toraja melaksanakan kegitan PAT Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Setiap jenjang mencakup dua jurusan, yaitu MIPA dan IPS. Kelas X : 431 peserta ujian, Kelas XI : 323 dan Kelas XII : 314 peserta ujian, dengan total 1068 peserta ujian.

Kegitan  STS dan PAT ini berlangsung dengan lancar dan kondusif, meskipun ada beberapa siswa yang terkendala jariangan, namun pihak Sekolah menyediakan fasilitas Laboratorium Komputer yang digunakan untuk memfasilitasi siswa yang memiliki kendala dengan jaringan dalam Smartphone mereka.

Pelaksanaan STS dan PAT ini tidak lepas dari tujuan pendidikan secara umum, serta tujuan  penilaian itu sendiri. Kemudian, tujuan umum pendidikan ditransformasikan ke dalam visi dan misi suatu satuan pendidikan,  secara umum  untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT